BAB 1
PENDAHULUAN
Nama : Ainur Rohmah Al Adawiyah
NPM : 58414525
1.1 Latar Belakang
Pengembangan tentang AI
(Artificial Intelligence) pada perilaku NPC (Non Player Character) dalam game,
sampai saat ini masih terus dikembangkan. Penerapan AI yang baik pada sebuah
game adalah ketika sebuah karakter didalam permainan menunjukan perilaku yang
konsisten dan realistis, bereaksi dengan tepat kepada tindakan pemain dan
karakter lain seperti halnya manusia. Terdapat banyak AI (Artificial
Intelligence) yang dapat diterapkan dalam game salah satunya N-Gram. N-Gram
dalam game adalah kecerdasan buatan untuk NPC (Non Player Character) yang
digunakan untuk memprediksi perilaku player pada game sehingga dapat memperoleh
keputusan yang akan dilakukan. Permainan tenis meja atau yang lebih dikenal
dengan istilah “pingpong” merupakan suatu cabang olahraga yang unik dan
kreatif. Pengertian tenis meja adalah suatu permainan yang menggunakan meja
sebagai lapangan yang dibatasi oleh jaring (net) yang menggunakan bola kecil
yang terbuat dari celluloid dan permainannya menggunakan pemukul atau yang
disebut bet. Permainan tenis meja adalah suatu permainan dengan menggunakan
fasilitas meja dan perlengkapannya serta raket dan bola sebagai alatnya. Game
bertema tenis meja saat ini sudah ada beberapa, salah satunya adalah game ping
pong mini akan tetapi pada game tersebut belum adanya penerapan AI (Artificial
Intelligence), game ini diterapkan pada NPC (Non Player Character) untuk
memprediksi gerakan player dengan 6 gerakan yaitu menendang, memukul, bertahan,
berjalan mundur ,berjalan maju dan menunduk. Pada penelitian ini game tenis
meja menerapkan metode N-Gram sebagai AI (Artificial Intelligence) yang
diharapkan untuk 2 mengoptimalkan pergerakan NPC agar bisa memprediksi arah
pukulan bola yang dipukul oleh player sebelum memprediksi NPC (Non Player
Character) hanya akan menebak arah pukulan secara acak akan tetapi game tenis
meja ini mempunyai gameplay yang hampir sama dengan game tenis yang lainnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka diusulkan dalam sebuah
penelitian untuk membuat sebuah game yang memiliki genre olahraga dan
menerapkan metode N-Gram sebagai AI untuk memprediksi arah pukulan bola pada
NPC. Adapun penelitian tersebut dituangkan dalam penyusunan tugas buku dengan
judul “Implementasi Pembuatan Game Pong Berbasis Arduino”.
1.2 Tujuan Penulisan
Berdasarkan uraian dari latar belakang masalah, maka perumusan
masalah dari penelitian ini yaitu:
-
Memahami
bagaimana konsep dasar game pong berbasis arduino
-
Mengetahui game
design pong menggunakan arduino
-
Memahami
bagaimana mengimplementasikan game pong arduino
-
Sebagai tugas
kelompok mata kuliah softskill
1.3 Perumusan Masalah
-
Bagaimana konsep
dasar game pong berbasis arduino?
-
Bagaimana game
design pong menggunakan arduino?
-
Bagaimana
mengimplementasikan game pong arduino?
0 komentar:
Posting Komentar