Organisasi Matriks




     A.     Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu wadah yang berisikan perkumpulan orang / anggota yang melakukan kegiatan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

     B.      Pengertian organisasi matriks

Struktur organisasi ini merupakan kombinasi dari dua atau lebih struktur organisasi, seperti struktur organisasi fungsional dan struktur organisasi proyek. Dua tipe organisasi ini dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam mencapai efisiensi yang lebih tinggi, kesiapan dan juga cepat dalam adaptasi pasar. Terlebih lagi, struktur ini dapat merespon pelanggan maupun pasar dengan cepat dalam memproduksi produk baru.
Struktur organisasi ini membentuk beberapa tingkatan fungsi organisasi yang bertanggung jawab untuk membantu beberapa unit bisnis dibawahnya sehingga terjadi multi komando. Unit yang berada dibawah struktur tersebut diharuskan melapor kedua kepala bagian, yaitu kepala bagian di unit kerja fungsional dan kepala bagian proyek. Struktur organisasi ini biasanya digunakan pada perusahaan berskala besar.

     C.      Aturan dalam Organisasi Matriks

      1.      Karena para spesialis dikumpulkan menjadi satu bagian, maka jumlah organisasi dan tingkat               hirarki semakin banyak.
      2.      Dalam struktur organisasi, tingkatan yang berada paling atas adalah pemimpinnya.
      3.      Memiliki wewenang ganda, yaitu wewenang horizontal yang yang dimiliki oleh manajer proyek,        dan wewenang fungsional yaitu yang dimiliki oleh para spesialis. Para spesialis selama proses            pengerjaan proyek wajib melapor kepada dua atasan, yaitu pimpinan fungsional dan pimpinan            produk.

     D.     Kelebihan dan Kekurangan Organisasi Matriks

Kelebihan struktur organisasi ini adalah pembagian pengerjaan proyek secara lebih spesifik dan detail dalam masalah teknis, sehingga tidak akan mengganggu struktur organisasi secara keseluruhan.
Kelemahan struktur organisasi adalah terlalu banyaknya bagian-bagian dalam struktur ini, sehingga manajer proyek mengalami kesulitan dalam memandu jalannya proyek.

     E.      Contoh Bagan Perusahaan yang menggunakan Organisasi Matriks




     F.       Contoh Perusahaan yang menggunakan Organisasi Matriks

Perusahaan Philips
Perusahaan Philips bergerak di bidang elektronik konsumen, yang berdiri sejak 1891 di Eindhoven, Belanda. Perusahaan ini telah sukses di 60 negara di seluruh dunia, dan memiliki sejumlah divisi, di antaranya divisi elektronik konsumen, divisi semikonduktor, divisi pencahayaan, divisi sistem medikal, dan masih banyak lagi.

Starbucks Coffee
Starbucks Coffee menggunakan struktur organisasi matriks, yang merupakan campuran hibrida dari berbagai fitur dari tipe dasar struktur organisasi. Dalam kasus ini saya hanya akan menjelaskan mengenai struktur fungsional yang digunakan oleh Starbucks. Struktur yang digunakan mengacu pada pengelompokan berdasarkan fungsi bisnis. Misalnya, perusahaan memiliki departemen SDM, departemen keuangan dan departemen pemasaran. Ketiga departemen ini merupakan yang paling menonjol pada tingkat atas struktur organisasi Starbucks, seperti di kantor pusat perusahaan. Fitur ini berkaitan dengan hirarki dalam struktur organisasi Starbucks. Misalnya, departemen HR perusahaan menerapkan kebijakan yang berlaku untuk semua kafe Starbucks. Kebijakan ini harus dikonsultasikan atau dilaporkan dahulu dengan beberapa tingkatan di atas departemen HR. Keputusan final akan disampaikan oleh CEO yang kemudian akan disosialisasikan kepada seluruh departemen di kantor pusat dan akan disebarkan atau diberitahukan kepada seluruh cabang di dunia.

PT Garuda Indonesia
Merupakan perusahaan penerbangan nasional Indonesia yang didirikan pada tanggal 26 januari 1946 dan mulai beroperasi pada tanggal 28 Desember 1949. Sampai saat ini perkembangan penyedia jasa penerbangan Garuda Indonesia semakin pesat. PT Garuda Indonesia memiliki sejumlah divisi dalam organisasi diantaranya, Direktur Layanan, Direktur Pemasaran dan Penjualan, Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada, Direktur Operasi, Direktur Keuangan, Direktur SDM dan Umum, Direktur Strategi Pengembangan Bisnis dan Manajemen Risiko.








Dikerjakan bersama:
1. Esa Amalia 53414656 http://maharesadhani.blogspot.co.id/
2. Nur Fadhilah Ramadhan 58414209 ramadhannurfadhilah.blogspot.com







Sumber :









0 komentar:

Posting Komentar

Instagram

www.instagram.com/alda.aladawiyah

Twitter

@AldaAvibra

Like us