Software Pembuatan Animasi Tangled dan Perbandingannya





            Kali ini saya akan melanjutkan artikel yang sudah saya buat sebelumnya, yaitu analisa desain grafis film animasi Tangled. Jika anda belum membacanya, silahkan klik link berikut.

 http://aldaandthedreams.blogspot.co.id/2016/10/analisa-desain-grafis-film-animasi.html
            Artikel berikut tentang analisa saya mengenai software pembuatan film animasi Tangled. Saya menganalisa artikel ini dari berbagai sumber baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dan saya menemukan bahwa film animasi Tangled aslinya dibuat dengan software Dynamic Wires.  Jujur sangat sulit untuk mencari review dan pembahasan tentang software ini karena di berbagai situs mereka hanya menyebutkan namanya dan tidak membahas lebih lanjut tentang aplikasi ini. Sehingga saya simpulkan bahwa Dynamic Wires adalah software buatan Disney sendiri dan digunakan untuk pembuatan film animasi dan tidak bersifat open-source serta hanya digunakan oleh pihak disney sendiri. Software ini digunakan untuk pembuatan rambut si tokoh rapunzel yang panjang dan berkilau.

            Dr. Kelly Ward, seorang teknisi software dari Walt Disney Animation Studios mengatakan, “Simulasi rambutnya sangat sulit, karena membutuhkan lebih dari 100.000 helai rambut, yang akhirnya dikurangi hingga mencapai 173 helai. Beratnya antara 60-80 pound dan panjangnya 70 kaki.”

            Selain itu, Disney juga menggunakan software Mari. Mari dikembangkan oleh The Foundry, yang bergabung dengan perusahaan teknologi 3D Disney. Dan ini untuk pertama kalinya perusahaan Disney mengizinkan atau memberi license kepada perusahaan luar untuk menggunakan softwarenya untuk keperluan komersial.
            Kali ini saya akan membandingkan pembuatan animasi Tangled menggunakan software 3Dmaxx dan Blender.

           
Blender
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khususnya 3Dimensi. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Kelebihan :
·         Untuk render, Blender lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan dengan 3D Maxx, khususnya rambut Rapunzel yang memiliki ratusan helai dan keyframe saat animasi dijalankan.
·         Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, rigging, texturing, skinning.
·         Kualitas arsitektur 3D  berkualitas tinggi dibandingkan 3D Maxx
·         File Berukuran kecil.
Modelling ini juga membutuhkan manipulasi dari bagian vertex, edge, dan polys untuk membuat bentuk 3D. Ada banyak teknik untuk membuat model ini. (Slick,2014)

Kekurangan :
  •   Saat pencahayaan, blender agak rumit karena harus menambahkan lighting disana-sini, sehingga kita akan kesulitan untuk menentukan posisi yang tepat dimana saja akan diletakkan pencahayaan. Pencahayaan sangat penting karena rambut rapunzel akan bercahaya saat menyanyikan sebuah lagu.
  • Para pembuat animasi tangled mengaku bahwa hal tersulit untuk merender adalah saat bagian rambut rapunzel membelit kursi yang sedang diduduki oleh Flynn Rider, karena membutuhkan detail gerakan lemah-gemulai rambut si rapunzel.
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX)
3D Studi Max adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3D yang  ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment.
Kelebihan :
  • Untuk pengeditan animasi dan modelling, 3D maxx lebih mudah untuk diubah-ubah sesuai keinginan, dibandingkan dengan aplikasi blender.
  • Untuk modelling secara detail, seperti menara rapunzel, setting latar hutan, dll 3D maxx lebih handal untuk memberikan kesan seperti aslinya.
  • Untuk efek cahaya pada rambut saat rapunzel bernyanyi, 3D Maxx lebih ahli dalam melakukannya. Begitu juga dengan bayangan, efek atmosfir seperti api dan kabut hutan.
Kekurangan :
  • Jika dibandingkan dengan blender, kemampuan 3D Maxx untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks lebih lama.
  • Untuk Render, 3D Maxx jauh lebih lama dibandingkan dengan blender yang cepat dan efisien.


Disini saya akan membandingkan lebih spesifik tampilan dari Animasi Tangled menggunakan Blender dan 3D Maxx





Sumber referensi :
Disney enterprise.inc
http://www.youtube.com 




0 komentar:

Posting Komentar

Instagram

www.instagram.com/alda.aladawiyah

Twitter

@AldaAvibra

Like us