Apa itu Research Gate?

Nama : Ainur Rohmah Al Adawiyah
NPM : 58414525
Kelas : 2IA04
 Research Gate
Apa itu Research Gate?
ResearchGate adalah situs jejaring sosial bagi para ilmuwan dan peneliti untuk berbagi makalah, bertanya dan menjawab pertanyaan, dan menemukan mitra dari berbagai disiplin ilmu. Asyiknya, kita bisa mendaftar akun disini secara gratis, dapat mengetahui postingan orang lain dan berkomenta layaknya sosial media. The New York Times menggambarkan situs ini sebagai mashup (kombinasi) dari Facebook, Twitter dan LinkedIn.  
Di ResearchGate ini, peneliti dapat meng-upload makalah/publikasi, sehingga bisa diakses oleh semua orang dari seluruh penjuru dunia. Jadi sepertinya pengguna tidak akan butuh ziddu.com maupun 4shared.com lagi. Seperti di google scholar, reserachgate juga menyediakan statistik mengenai jumlah paper kita yang didownload maupun yang disitasi. Menariknya, researchgate juga menfasilitasi usernya untuk terhubung dan berkolaborasi dengan user lain di bidang yang sama.
 ResearchGate bisa menjadi tempat:
  • Membagikan publikasi/makalah, mengakses jutaan jurnal penelitian/makalah, dan mempublikasikan data dan makalah kita (member).
  • Terhubung dan berkolaborasi dengan rekan/kolega, teman sebaya, co-authors, dan spesialis di bidang tertentu.
  • Mengetahui statistik dan mencari tahu siapa yang telah membaca dan mengutip publikasi kita (member).
  • Mengajukan pertanyaan, mendapatkan jawaban dan menemukan solusi permasalahan penelitian kita (member).
  • Menemukan pekerjaan yang tepat dengan menggunakan research-focused job board di ResearchGate.  
Selain dapat mengikuti/ "Follow" pengguna akun lain seperti pada twitter, seseorang juga dapat mengikuti publikasi penelitian tertentu. ResearchGate juga memiliki fitur blogging untuk menulis ulasan singkat tentang artikel yang diulas oleh pengguna lain. ResearchGate mengindeks informasi pengguna yang diterbitkan pada profil pengguna untuk menyarankan anggota untuk terhubung dengan orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama. Ketika seorang pengguna memposting pertanyaan, ResearchGate menerjunkan para ilmuwan yang telah diidentifikasi pada profil pengguna mereka bahwa mereka memiliki keahlian yang relevan. ResearchGate juga memiliki ruang chat pribadi di mana para ilmuwan dapat berbagi data, mengedit dokumen yang dibagi, atau mendiskusikan topik rahasia.

ResearchGate didirikan pada tahun 2008 oleh dokter yaitu Dr. Ijad Madisch dan Dr. Sören Hofmayer, serta ilmuwan komputer yaitu Horst Fickenscher
Apa misi ResearchGate?
Misi dari media sosial yang satu ini adalah untuk menghubungkan para peneliti dan memudahkan mereka berbagi dan mengakses output ilmiah, ilmu pengetahuan, dan keahlian. Menemukan di ResearchGate apa yang dibutuhkan peneliti untuk memajukan penelitian mereka.

Member ResearchGate sampai tanggal 13 Agustus 2014 adalah lebih dari 5.000.000 pengguna Sedangkan update tanggal 21 Oktober 2015 berjumlah lebih dari 8.000.000 pengguna dari 193 negara. Basis pengguna terbesar ResearchGate adalah di Eropa dan Amerika Utara. Sebagian besar pengguna ResearchGate adalah yang berkecimpung di bidang kedokteran atau biologi, meskipun juga memiliki anggota dari bidang teknik, ilmu komputer, ilmu pertanian, psikologi, dan bidang lain.
Berikut salah satu contoh akun researcg gate yang dimiliki salah satu dosen di Universitas Gunadarma.
 Beliau adalah dosen softskill Web Science saya, yang sekarang banyak hal-hal menarik dari artikel yang Beliau posting dan postingan artikelnya juga paling banyak dibanding dengan beberapa dosen di gunadarma. Total postingan artikel yang dipost sebanyak 30 artikel dan yang membaca sudah sampai 1.16k pembaca, sangat luar biasa. Dari data yang saya lihat Beliau cukup aktif menggunakan Research Gate.
Sumber :

ResearchGate. (update 26 November 2015). https://www.researchgate.net/ diakses pada 6 Mei 2016.
Mockingjay-Art. (Update Mei 2016). http://mokingjay-art.blogspot.co.id/2016/05/apa-itu-research-gate.html. diakses pada 6 Mei 2016.
Kasyani45. (Update Januari 2016). http://kasyani45.blogspot.co.id/2015/12/researchgate-media-sosial-akademisi.html . diakses pada 6 Mei 2016.
Staff.unand. (Update Desember 2015). http://staff.unand.ac.id/yervi/2014/01/17/sudahkan-anda-punya-akun-di-research-gate-dan-google-scholar/. diakses pada 6 Mei 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

Instagram

www.instagram.com/alda.aladawiyah

Twitter

@AldaAvibra

Like us