Ga lolos UI? It's Okay!

Sambil ngos-ngosan, gue dan kedua temen gue lari ngejar bis kuning itu. Kita bertiga nggak mungkin nunggu bis berikutnya di halte FKM UI, karna kita ada UTS di kampus. Suatu hal yang sebenernya “unik” sih karna disaat seluruh kampus lagi UAS, dan kita masih UTS squint emotikon. Jujur, ini pertama kalinya gue lari-larian ngejar bis, karna di kampus gue ngga ada tuh yang namanya bis, kita biasa jalan kaki walaupun jarak antara gedung G-E-H lumayan jauh si (bagi gue ya).
Syukur aja pak supirnya kayanya ngeliat kita bertiga, dan langsung berhenti. Kita bertiga cepet cepet naik dan ternyata di dalem bis pun udah penuh banget ampe akhirnya kita berdiri di tangga undakan bis nya. Ga papa lah yang penting UTS jangan ampe telat karna kalo telat lebih dari setengah jam bakalan ga dikasih masuk ama pengawasnya, dan otomatis nilai lo akan jadi E dan harus ngulang tahun depan. Serem banget kan.
O iya, gue ama temen-temen gue ke UI buat ikut seminar nasional . Alasannya sih karna waktu itu UTS nya kita dah mateng banget blajarnya, dan kita masuk siang, trus tema seminarnya sekaligus pembicaranya keren juga, akhirnya kita bertiga mutusin buat ikut deh.
Di bis, sambil pegangan pintu gue liat liat pemandangan UI. Ini nih, kata gue dalam hati, kampus yang dulu gue idam idamkan banget pas SMA. Kampus yang masuk kategori terbaik se-Indonesia. Yang gue liat di situs ternyata juga termasuk kampus yang Sastra Inggris nya terbaik Se-Indonesia juga. Yap, gue dari SMP udah seneng banget sama bahasa inggris, walaupun gue ngga jago di bidang Bahasa Inggris, yaa cuman sekedar suka aja. Suka ngomongnya, suka bacanya, suka dengerin lagu inggris, all about english lah pokoknya. Gue punya banyak temen dari luar negeri alesannya ya selain bisa silaturahmi, gue pengen terus terusan gunain bahasa inggris gue.
Saking demennya gue ama UI, gambar UI ampe gue pajang di lemari asrama gue dan di binder gue. 2 benda yang selalu gue lihat 24 jam dalam sehari. UI itu motivasi gue-selain ortu pastinya- yang membuat gue semangat belajar buat UN. Dimana rata-rata orang udah bosen banget belajar buat UN, karna SMA gue (kayanya sih) adalah satu satunya SMA di kendal yang terobsesi banget biar anak anak didikannya dapet nilai cemerlang saat UN nanti. Try Out tiap minggu selama 3 bulan, berangkat jam 6 pagi dan pulang jam 10 malem tiap hari (dan itu full mapel UN semua), belum lagi ntar ada bimbel lagi di asrama. Bayangin capeknya kan. Kalo gue si bukan masalah capeknya, toh itu kita jalanin bareng bareng dan smua orang capek juga. Belajarnya itu loh, yang bikin kenyang. Kalo kata orang jawa mah wareg tenan!
Karna gambar UI itulah, yang buat gue termotivasi, diiringi usaha ama doa, dan akhirnya nilai-nilai try out gue termasuk yang tertinggi seangkatan. Nilai Try Out gue termasuk 10 besar seangkatan, dan alhamdulillah dipercaya jadi tutor UN mapel biologi buat angkatan gue.
Angkatan gue, hampir tiap malem, berdoa bareng supaya permintaan dari masing masing kita dikabulin. Dan gue, udah jelas, di setiap sholat gue berdoa biar masuk UI. Tapi you know lah, kalo Allah berkehendak lain, ya udah turutin aja. SNMPTN gue ga keterima. Sedih banget sumpah, tapi gue ga nangis ala sinetron. Kakak senior gue yang dulu sama sama OSIS satu periode sama gue, nyaranin gue buat ikut SIMAK. Temen gue yang dulu seruangan UN sama gue juga ngajakin gue buat ikut SIMAK UI bareng di Jakarta. Tapi, gue sama sekali ga tertarik ikut SIMAK UI. Entah kenapa. Mungkin ya karna itu tadi, udah kenyang ama soal. Bukan bermaksud putus asa atau apa, kalo ga keterima ya udah, terima aja. Ngapain gue kerja keras banget buat masuk ke salah satu kampus yang sebenernya ga bisa jamin apa apa buat masa depan gue. Emang kalo kita masuk sana hidup kita bakalan dijamin kaya dan sejahtera ampe tujuh turunan? UI emang terbaik, tapi belum tentu kita yang jadi lulusannya bakalan punya masa depan terbaik juga kan? Especially for our life after dead later.
Dan, nyatanya, gue masuknya ke sini. Universitas Gunadarma. Yang ga kepikiran sama sekali buat masuk kesini, dan pahitnya ternyata lokasinya di depan kampus UI persis. Gue jalan kaki ke UI kapan aja bisa kali, ga butuh 2 menit nyampe. Dan anehnya, gunadarma dan UI sama sama punya cabang. Cabang di depok, sebelahan. Cabang di salemba, sebelahan juga
squint emotikon. Kayaknya jodoh atau gimana ya, gue juga ga tau. Ya gapapalah, toh Gunadarma ga jelek. Masuk ke 10 besar universitas terbaik se-Indonesia juga kok. Bedanya, ini swasta. Swasta terbaik nomer 1 se-Indonesia. Dan gue nemuin hikmah-hikmah di sini. Hal-hal yang gue dapetin di Gunadarma belum tentu gue dapetin di UI kalo gue beneran jadi mahasiswa di sana. Pasti ada maksud Allah, yang sedikit demi sedikit gue tau. Siapa tau juga Allah ngasih jodoh gue di kampus ini. Eak.
Ya intinya, jangan putus asa, usaha sih boleh, kalo SNMPTN ga keterima, ikut SBMPTN, kalo ga keterima, ikut Ujian Mandiri. Kaya senior gue yang akhirnya masuk UGM juga, setelah ikut SNMPTN, SBMPTN, n terakhir Ujian Mandiri, baru dia keterima. Tapi kalo udah mentok, ya udah sih terima aja. Toh ntar di lapangan kerja (berdasarkan yg gue denger dari seminar tadi) yang diliat itu CV dan IPK lo, sisanya ya skill. Lo lulusan harvard kalo skill lo kalah ama yang lulusan kampus biasa biasa aja ya percuma. Keep moving, keep thinking.


0 komentar:

Posting Komentar

Instagram

www.instagram.com/alda.aladawiyah

Twitter

@AldaAvibra

Like us