Review Android Marshmallow

Okay, kali ini saya akan membahas review tentang Android Marshmallow. Ada yang tau apa itu Android Marshmallow? iyaa... ini android keluaran terbaru dan ter hits tahun ini!
Soo simak yaa review berikut. Check it Out!

Hal yang paling terlihat dari pembaruan OS Android adalah terlihat dari angka di digit pertama kode OS. Dulu, ada Android 4.4 KitKat, lalu ada yang terbaru Android 5.0 Lollipop. Dan sekarang, andoid yang terbaru adalaah Android 6.0 yang diberi nama Marshmallow!

Kalo KitKat ke Lollipop dari segi tampilannya beda banget, sedangkan Marshmallow tampilannya mirip dengan Lollipop. Dan perbedaannya lebih banyak terdapat pada fitur-fitur yang kasat mata.

Fitur paling baru yang bisa terlihat dari Android Marshmallow adalah Now on Tap, yang mirip kayak Google Now tapi disesuaikan  dengan kebutuhan si pengguna. Cara mengaktifkannya mudah, cukup menahan tombol Home dan sistem akan memindai layar untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
Google akan mencarikan semua informasi mengenai semua hal yang saat itu sedang berada di layar ponsel. Misalnya nih, di layar ponsel kita ada nama sebuah hotel, maka Now on Tap akan mencarikan semua informasi relevan mengenai hotel tersebut.

Tapi kelemahannya, kadang - kadang Google gagal memuaskan rasa kepo penggunanya. Karena Now on Tap pun terkadang gagal menemukan informasi yang ada di layar ponsel.

App drawer pada Android Marshmallow juga dilengkapi dengan daftar aplikasi yang paling sering digunakan, letaknya di baris paling atas aplikasi juga baris untuk mencari aplikasi secara manual. Scroll bar yang ada di kanan pun akan menunjukkan daftar huruf ketika disentuh, yang akan mempermudah pencarian aplikasi.

 Google juga menambahkan shortcut baru di menu quick setting, yaitu tombol Do Not Disturb. Fitur yang sama juga bisa diakses dengan menekan tombol volume down 1x pada mode vibrate.

Sementara di menu Setting, ada beberapa menu yang dihilangkan juga ditambahkan. Contohnya penggunaan RAM, yang sebelumnya ditampilkan secara real time, kini diubah menjadi penggunaan RAM dalam 3, 6 12 atau 12 jam terakhir.

Namun Google tetap memberikan informasi soal aplikasi mana yang paling banyak mengkonsumsi RAM. Begitu juga dengan tampilan informasi baterai, yang kini menampilkan informasi jumlah miliampere-hour (mAh) yang digunakan di untuk tiap bagian, contohnya layar, sistem Android dan lainnya.

 Doze,  fitur dari google yang fungsinya adalah menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background jika tak diperlukan. Kegunaannya sudah pasti untuk mengirit penggunaan baterai.

Saat menggunakan Marshmallow, android ini bisa mencapai screen time selama 5,5 jam, padahal dicapai ketika baterai tersisa sebanyak 7%.
 Sementara ketika ponsel tak digunakan di malam hari, baterainya hanya menyusut sebanyak kurang lebih 3%. Singkat kata, Doze bisa mengirit penggunaan baterai.

Namun sebagai catatan, banyak hal yang berpengaruh dalam pengujian daya tahan baterai ini. Seperti kondisi sinyal, tingkat kecerahan layar, jenis aplikasi yang berjalan di background dan lainnya.
Kini akses yang didapat oleh aplikasi bisa diatur secukupnya oleh pengguna. Maksudnya adalah, jika ada aplikasi yang membutuhkan akses ke fitur SMS, location dan kamera, maka si pengguna bisa menentukan akses mana saja yang akan diberikan. Baik salah satu, semua, atau tidak sama sekali.

Di Android Marshmallow ini, sistem Android juga bisa dibuat untuk mengenali storage eksternal sebagai storage internal. Sayangnya, Nexus 6 -- dan perangkat Nexus lain yang sudah mendukung Marshmallow -- tak dilengkapi dengan slot micro SD untuk storage eksternal.

Sebenarnya masih ada satu fitur  di Android Marshmallow, yaitu Android Pay. Namun fitur ini tak tersedia di Indonesia dan akan berjalan lebih baik dengan sensor sidik jari.

Android Marshmallow ini sebagai pembaruan besar yang minimalis. Besar dari segi fitur namun minimalis dari segi perubahan tampilan.

Jika dibandingkan dengan Android Lollipop, tampilan Android Marshmallow bisa dibilang tak mempunyai banyak perbedaan. Namun dari segi fitur dan performa, dengan segala peningkatan yang ada, Android Marshmallow ini layak ditunggu dan digunakan.

Link terkait
harunalrasyidabadi.blogspot.com
Update-asik.blogspot.com
Ramadhannurfadhilah.blogspot.com


0 komentar:

Posting Komentar

Instagram

www.instagram.com/alda.aladawiyah

Twitter

@AldaAvibra

Like us